Solusi Flashdisk Yang Tidak Dapat Terdeteksi

Posted: Oktober 30, 2013 in komputer, Tutorial
Tag:

flashTulisan ini saya tulis berawal dari kejadian yang pernah saya alami, juga teman-teman yang sering mengalami kejadian yang sama dimana flashdisk kok pada awalnya bisa terdeteksi tapi sekarang justru tidak bisa terdekteksi lagi pada laptop. Kadang saya berpikir kalau flashdisk saya sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi, tapi ketika saya colokkan pada laptop lain, ternyata masih berfungsi.

Berarti flashdisk saya masih aman (Alhamdulillah….)

Jika teman-teman sering mengalami kejadian seperti diatas, saya coba memberikan beberapa tips yang pernah saya coba, tapi dengan syarat Flashdisknya masih aman alias masih bagus dan masih bisa dideteksi pada komputer lain. Nah….permasalahan disini berarti ada pada laptop/PC si pemilik flashdisk. Ok berikut tipsnya :

  • Gunakan laptop/PC lain untuk memastikan flashdisk Anda masih berfungsi. Anda bisa memformat flashdisk Anda dari laptop/PC tersebut tapi jangan lupa amankan dulu/copy datanya.
  • Jika Anda mempunyai driver installer USB Flashdisk, silahkan install ulang.
  • Melalui Device Manager (Start > Run ketik devmgmt.msc lalu Enter), uninstall driver USB pada bagian Other Device > Unknown Device yang bertanda kuning/peringatan dengan cara klik kanan dan pilih Uninstall. Kemudian lepas USB dan pasang kembali, tunggu Windows menginstall driver baru .

device_manager

  • Jika 3 tips diatas belum mengatasi masalah, coba lakukan tips berikut :
  1. Klik kanan pada My Computer trus pilih menu Managemanage3
  2. Jika sudah muncul jendela Computer Management, perhatikan pada bagian Storage > Disk Management. Jika flashdisk Anda masih bagus, berarti akan muncul Removable Disk yang berarti flashdisk Anda masih bisa terdeteksi, seperti gambar berikut,Manage_
  3. Pastikan status Removable Disk tersebut Online, jika masih offline silahkan klik kanan dan pilih Online
  4. Jika statusnya sudah online, tetapi flashdisk belum terdeteksi juga di Windows Eksplorer, maka silahkan klik kanan pada drive (masih dalam Computer Management), lalu pilih “Change Drive Letter and Path” Jika sudah terbuka dan masih kosong, klik Add dan pilih/tentukan huruf yang akan menjadi drivemanage4manage5
  5. Jika sudah selesai, maka sekarang flashdisk Anda sudah bisa terdeteksi di Windows Eksplorer.

 

Kemungkinan-Kemungkinan

Sebenarnya ada 3 kemungkinan kenapa Flashdisk tidak bisa terdeteksi pada Windows Eksplorer Laptop/PC miliki kita (Flashdisk masih bisa terdeteksi di laptop/PC lain alias masih bagus), yaitu :

1.   Karena Virus;

Virus yang membuat PC/Laptop tidak dapat membaca flasdisk biasanya tidak menginfeksi flashdik anda, tetapi ia justru menambahkan value pada registry komputer Anda, sehingga flashdisk anda tidak dapat terbaca di komputer tersebut.

Biasanya untuk masalah ini anda dapat bisa mengetahuinya dari Device Manager,

Klik kanan My computer > Manage –> Device Manager.

Perhatiakn pada USB Controller Device, tidak ada tanda warna kuning, dan error, semua kelihatan normal, hanya saja flashdisk tidak terbaca.

Untuk memulihkannya :

  • Siapkan 1 CD kosong, kemudian download Hiren Boot CD, Burn File tersebut ke CD (image burn), bisa pakai nero atau sejenisnya.
  • Hidupkan Laptop/PC melalui SAFE MODE (tekan f8 saat booting).
  • Masukan kaset/CD Hiren tersebut, cari aplikasi anti virus malwarebites, dan perform full scan. Jika terdeteksi virus, hapus/remove semua virusnya sebelum restart komputer
  • Restart laptop/PC.
  • Silahkan di coba flashdisk nya.

 

2.   Sengaja di Block melalui Registry

Solusinya :

  • Tekan Start > Run
  • Ketik Regedit > Enter
  • Navigasi ke : HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesUsbStor
  • Perhatikan panel sebelah kanan, Double Click yang ada tulisan Start, pastikan Isi value nya 3 jika ingin membuka deteksi flashdisk, dan isi Value 4 jika ingin memblok deteksi flashdisk.

Harap berhati-hati dalam mengedit registry karena kesalahan bisa mengakibatkan system error, TS tidak bertanggung jawab atas kerusakan system yang disebabkan. Saran saya silahkan serahkan pada ahlinya untuk melakukannya.

 

3.  Hardware Rusak

Masalah ini sangat jarang terjadi pada PC ataupun Laptop. Deteksi kerusakan  pada device manager, USB controller di tandai dengan peringatan warna kuning bahwa hardware tersebut tidak bekerja dengan normal. Silahkan di coba menggunakan USB charger ke handphone. Jika handphone Anda masi bisa di charge melalui USB tersebut berarti hardware USB-nya masi bagus. Jika sudah tidak ada arus, berarti hardwarenya sudah rusak. Silahkan di bawa ke teknisi yang terpercaya.

Demikian beberapa tips dan solusi dari saya, semoga dapat membantu. (AF)

 

Komentar
  1. robyanto1984 berkata:

    gan saya kan buka usaha jasa pengetikan tetapi komputer saya tidak bisa menginstal flashdisk oranglain,dulu bisa saja menginstalnya
    dan kalo saya colokkan flashdisk saya sendiri bisa terinstal dan saya coba colokkan flashdisknya orang itu di laptop bisa terinstal.apa drivernya yang rusak ?
    mohon bantuan nya gan

  2. muliadinforester berkata:

    Jika port usb masih bisa ngebaca flashdisk yg lain, berarti hardwarenya gak masalah. Coba baca kemungkinan-kemungkinan serta solusi yg saya tulis diatas. Coba update driver USB yg sudah ada melalui Device Manager.
    Cara lain coba install ulang driver USB, pastikan drivernya support dengan merk dan type komputer agan. Mksh

  3. robyanto1984 berkata:

    Komputer saya juga tidak bisa menginstal printer gan,sudah saya coba update driver. Tidak mau juga,cuma di komputer ada tulisan WINDOWS ENCOUNTERED A PROBLE ISNTALLING THE DRIVER SOFTWARE FOR YOUR DEVICE dibawah nya ada lambang kabel usb composite device.mohon bantuan nya gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s